Pengertian Hipnoterapi

Posted in Hipnoterapi | 0 comments

selamat datang di hipnoterapijakartabekasi.com. Anda mungkin sudah pernah sering mendengar tentang istilah hipnoterapi dan sudah banyak sekali website diluar web ini, yang anda baca tentang hipnoterapi

Apa sesungguhnya hipnoterapi? Hipnoterapi adalah terapi yang dilakukan dalam keadaan hipnosis/kondisi bawah sadar dan kemudian dilakukan teknik teknik terapi untuk menyelesaikan masalah yang dialami klien.

Apa sesungguhnya pikiran bawah sadar itu? Pikiran bawah sadar adalah pikiran kita yang kekuatannya 8 x lebih kuat dibandingkan pikiran sadar.

Contoh begini:
Ketika anda sedang makan, temen anda cerita tentang bagaimana ketika dia ke wc dia MELIHAT ada tahi manusia yang belum disiram dengan warnanya yang hitam kekuning kuningan dan besar serta BAU- nya luar biasa. Nah ketika anda sedang makan, anda tidak bisa meneruskan makanan anda karena anda merasa jijik dengan cerita temen anda.
Itulah kekuatan bawah sadar, temen anda hanya cerita yang anda tidak lihat sendiri, tapi anda dengan tiba tiba bisa tidak jadi makan makanan anda.

Atau pernahkah anda dengar orang yang bisa lari cepat ketika sedang dikejar anjing? Padahal sebelumnya dia ga bisa lari cepat? Itu juga adalah contoh bagaimana kekuatan bawah sadar.

Dalam hipnoterapi kita memanfaatkan kekuatan tersebut untuk menyembuhkan, memulihkan orang yang mengalami gangguan mental atau gangguan kejiwaan atau memiliki masalah yang berhubungan dengan emosi atau pikiran.

Jadi sebenarnya pikiran bawah sadar adalah alamiah yang disediakan Tuhan bagi kita dan bukan berarti kita mempunyai kekuatan lain diluar Tuhan

Diakui pemberitaan hipnotis dan acara acara hipnotis menjadi semacam pedang bermata dua. Disatu sisi menaikkan image di masyarakat bagaimana kekuatan pikiran bawah sadar , dan disisi ke 2 bagaimana hal ini juga menimbulkan stigma/pandangan negatif dari masyarakat terhadap hipnotis.

Mari kita bicarakan tentang persepsi yang sering muncul di masyarakat:

1. Hipnoterapi itu sama dengan tidur

Jelas ini salah besar karena sebenarnya bukan tidur. Ini semua hanyalah masalah persepsi. Coba sekarang anda lihat sekeliling anda, dan mungkin anda melihat ada orang yang tutup mata dan kemudian anda berpikir : “Oh orang ini tidur”. Setelah anda dekati ternyata tidak, dia lagi pusing dengan masalahnya dan memutuskan tutup mata dan rileks. Itulah persepsi yang sering menipu kita. Jadi ketika anda melihat ada orang tutup mata bukan berarti dia tidur. Sama dengan hipnoterapi, klien tutup mata lebih karena supaya bisa lebih bisa konsentrasi selama proses terapi.

2. Hipnoterapi itu klien tidak berdaya dan nurut sama perintah penghipnotisnya

Jelas juga bukan seperti itu. Hipnoterapi itu selama prosesnya anda tetap sadar dan bisa mendengar, berbicara dan juga bergerak. Jadi ketika ada sugesti yang masuk yang tidak mau anda terima atau karena sugesti itu bertentangan dengan nilai dan norma yang anda punyai, maka anda juga tidak akan melakukannya.  Lalu kenapa yang ditelevisi bisa melakukan apa yang diperintahan?

Karena mereka mau, maka mereka melakukannya. Sepanjang hal itu tidak membayakan dirinya maka orang yang di tv itu akan mau melakukannya. Jadi sebenarnya memang sudah ada NIAT mau melakukannya. Kalau ga ada kemauan dan niat ga aka ada orang yang bersedia.

3. Hipnoterapi bisa digunakan untuk interogasi/ membongkar rahasia pribadi

Seringkali saya dapat pertanyaan :” Pak, kami punya karyawan yang menurut kami dia mencuri uang perusahaan, dia mengaku ga melakukannya, tapi kami juga tidak percaya. Bisa ga pak , kalau dihipnotis karyawan ini biar ketauan dia bohong atau ga?’

atau

“Pak , saya pengen tahu apakah pasangan saya ini sudah selingkuh dan kalau sudah selingkuh sudah berapa kali dia melakukan hubungan seksualnya”

dan semacamnya. Intinya adalah mereka menganggap bahwa hipnoterapi bisa menginterogasi orang di bawah sadar. Jelas bukan! itu hanya ada di tontonan televisi, dalam kenyatannya itu tidak bisa dilakukan.  Anda mau berkunjung ke hipnoterapis manapun di Indonesia, ya akan sama aja. Karena hipnoterapi pada dasarnya bukan berarti seperti ngomong ga sadar seperti yang kita lihat di televisi

4.  Hipnoterapi menggunakan kuasa kegelapan atau musrik

Sama sekali tidak ada kaitannya dengan kuasa kegelapan, karena selama proses anda tidak disuruh yang macam macam. Dan juga untuk dapat menghipnosis orang hanya cukup belajar teknik induksi , ga perlu bertapa, ga perlu puasa, tidak perlu pantang apapun. Jadi ini bener bener murni mengoptimalkan kemampuan yang telah diberikan Tuhan pada kita untuk kebaikan diri kita sendiri

5. Hipnoterapi bisa menghilangkan ingatan

Banyak pertanyaan seperti ini:

“Pak , apakah hipnoterapi bisa membantu saya melupakan mantan pacar saya. Saya dibuat lupa punya hubungan dengan dia.”

” Saya capek dengan sakit saya, bisakah saya dibuat lupa saya tidak punya sakit ini?”

dll

Hipnoterapi bukan brainwash, jadi hipnoterapi tidak akan bisa membuat anda hilang ingatan. Ingatan tidak akan hilang tapi hanya “tidur” karena orang amnesia pun sebenarnya masih bisa dibangunkan ingatannya. Jadi yang dilakukan hipnoterapi jika anda mempunyai masalah luka batin atau sakit hati dan sejenisnya, adalah dengan melepaskan semua perasaan yang “terperangkap” di bawah sadar. Dengan dilepaskan dan kemudian memaknai ulang peristiwa maka anda akan merasa lebih netral terhadap peristiwa atau mantan pacar/pasangan.  Lebih jelasnya di mengatasi sakit hati

 

Semoga hal ini bisa membuat kita lebih mengerti apa itu hipnoterapi

 

 

salam sukses

 

Jimmy K Santosa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>