Inilah Penyebab Hipnoterapi Anda Gagal!

Posted in Hipnoterapi | 0 comments

Semakin tahun semakin banyak hipnoterapis bermunculan di Indonesia dibandingkan sekitar 6 tahun yang lalu , dan ini adalah sesuatu yang menyenangkan karena berarti hipnoterapi itu diterima oleh masyarakat indonesia dan banyak orang yang merasakan manfaat dari adanya hipnoterapi.

Dengan banyaknya hipnoterapi ini masyarakat mempunyai banyak pilihan dan sesuai dengan lokasi dimana mereka berada. Hal yang saya temui adalah bahwa banyak masyarakat yang masih mengganggap hipnotis itu tidak sadar walaupun mereka sudah diterapi sehingga mereka akhirnya tidak mendapatkan manfaat positif dari terapi hipnoterapi. Semakin praktek semakin saya mengerti bahwa rata rata walaupun orang sudah diberitahu oleh terapisnya bahwa kondisinya sadar dan mereka mengangguk , namun sejatinya mereka belum terlalu mengerti.

Disini saya akan membahas apa yang menyebabkan hipnoterapi gagal.

Sebab pertama adalah karena klien merasa selama terapi kok masih sadar? Selama terapi kok masih bisa berpikir? Kok masih bisa bergerak? Masa sih kaya gini ada di bawah sadar?

Ini adalah faktor terbesar yang sering terjadi. Sehingga perlu untuk diterangkan dengan lebih detail di awal tentang hipnoterapi.  Tidak cukup dengan hanya menceritakan kondisinya nanti sadar atau relaks saja, tetapi harus juga diberikan praktek sehingga klien lebih mengerti. Yang terpenting adalah membuat klien bisa menyamakan persepsi dulu bahwa hipnoterapi itu sadar dan bukan tidak sadar. Ketika persepsi ini sudah sama , maka hasil terapi juga akan lebih bagus

Sebab kedua adalah klien tidak focus. Tidak focus ini bisa diakibatkan karena klien punya banyak masalah sehingga jadi berpikiran kemana mana. Tidak focus ini juga bisa karena klien masih ada sesuatu yang belum dibereskan atau masih bertanya tanya nanti akan diapakan oleh terapisnya dan masih banyak sebab yang lain. Maka cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan memberikan latihan relaksasi terlebih dahulu.

Sebab ketiga adalah terapis tidak mempunyai skill yang cukup untuk mengatasi masalah dari klien. Dengan skill yang tidak cukup maka tidak akan bisa menghasilkan yang baik. Sehingga perlu sekali untuk para terapis sering mengikuti seminar dan workshop tentan terapi atau tentang penyembuhan.

Sebab keempat adalah antara terapis dan klien tidak terjadi kerjasama yang baik sehingga ada miskomunikasi disini. Jika ada miskomunikasi maka data yang diberikan juga bisa dipastikan tidak sesuai sehingga terapi yang dilakukan jadi tidak maksimal

Itu adalah penyebab kenapa hipnoterapi bisa tidak berhasil dalam pandangan saya selama ini, dan mungkin masih akan berkembang lagi dengan pengalaman dan jam terbang yang semakin meningkat.

Jadi sangat penting bagi anda selama proses terapi untuk bisa terbuka mengatakan apa yang sebenarnya anda rasakan dan pikirkan. Jika masih ragu , tanyalah sepuas mungkin , daripada dipendam dalam hati selama proses terapi. Karena disini anda kan juga membayar dan hipnoterapis juga bukan dukun yang tahu apa isi hati anda yang sebenarnya.

Semoga apa yang sedikita saya ceritakan disini bisa berguna bagi diri anda dan banyak orang lainnya .
Salam hidup lebih baik

 

 

Jimmy K Santosa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *